Antek-antek

Sulit memang kalau berpikirnya sudah “saya benar, yang lain salah”, apa saja yg dilakukan kelompok (politik, ormas) lain pastilah tercela, kelompoknya lah yang benar. Padahal gak sulit juga kalau mau sedikit lurus menganalisa.

Dengan sedikit akal sehat, kalau saya, kok kayanya sulit percaya siapapun dari ketiga calon gubernur (Agus, Ahok, Anies) punya niat sengaja merusak Jakarta, punya niat korupsi atau berniat “lihat nanti kalo gue jadi Gubernur, gw bakal rampok semua” … kayanya gak lah. Mereka bertiga pasti ingin Jakarta lebih baik, mereka bertiga pasti mau dikenang sebagai pahlawan.

Atau, berpikir kalau salah satu Cagub adalah rasis. Agus rasis? Mmm gak mungkin deh. Doktrin tentara gak akan menghasilkan kualitas serendah itu. Anies rasis? Mmm… dia dekan paramadina lho dulu. Intelektual setingkat dia masa rasis? Tidak mudah mempercayainya. – Yang paling mungkin, tim suksesnya menggunakan cara-cara tidak baik, dan mereka melakukan pembiaran. Tapi mereka rasis secara individu? Sulit dipercaya.

Gimana dengan tuduhan: “Ahok antek pengembang”? Mmm…. hari ini sudah 2017, bung. Gak mungkin sesederhana itu kalaupun ada konspirasi untuk menguasai politik ekonomi Jakarta. Bayangkan skenario ini: “Ada sekelompok China mau mengusai Jakarta, lalu mereka membayar Ahok (yang juga beretnis sama) untuk jadi gubernur jakarta agar bisa disetir sesuai kemauannya?” Sesimpel itu? I don’t think so. Penulis sinetron saja bisa lebih baik bikin skenarionya. Mungkin anda saja yang malas menganalisis.

Nah, itu baru tiga isu, dikupas sedikit saja. Berpikir sederhana dan positif kaya gini kan mestinya gak sulit. Semua orang ingin keadaan menjadi lebih baik, dengan cara yang mereka ketahui dengan batasan-batasan tingkat pemahaman masing-masing, termasuk ketiga Cagub kita ini.

Trus kenapa di media sosial orang saling tuduh-menuduh “Rasis!”, “Anak Koruptor!”, “Antek Cina!” dll? Mikir dong…


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s