Share Good on Your Status.

Pertama saya berinteraksi dengan microblogging Facebook beberapa tahun lalu. Kolom kosong diatas yang kemudian disebut status, awalnya bertuliskan What is your status? kemudian berubah menjadi What’s are you doing? dan saat ini menjadi What’s on your mind?

Semenjak microblogging semacam facebook dan twitter merambah, memang derasnya informasi sudah tidak terbendung. Saat ini setiap orang mempunyai medium, orang tidak lagi membutuhkan media, seperti pengertian media pada sepuluh tahun lalu untuk didengar. Orang saat ini bisa membuat media untuk diri mereka sendiri dan mempublikasikannya sendiri lewat jejaring-jejaring sosial.

Ledakan bom Marriot yang terakhir, pertama kali terpublikasi lewat Twitter. Pertama ledakan, seketika seseorang meng-update twitter-nya yang kemudian di-retweet oleh semua temannya dan sampailah kepada masyarakat umum. Di Amerika, berita kematian Michael Jackson pun, terpublikasi pertama kali lewat Twitter, hanya beberapa detik sesaat setelah kejadian.

Lalu, jurnalisme macam apa ini? Mungkin analisa sosial sepuluh tahun lalu, belum mampu menjelaskan utuh fenomena ini. Facebook dan Twitter bagaimanapun bukan lah bentuk jurnalisme melainkan hanyalah suatu informasi. Seperti tulisan saya yang lalu mengenai informasi yang merupakan bentukan, maka facebook dan twitter hanyalah sekelebat informasi yang tentu saja harus diinterogasi dikemudiannya. Ini berbeda dengan jurnalisme yang mempunyai akurasi data yang lebih terarah dan sistematis.

Teknologi adalah alat. Bagaimana kita memperlakukan adalah seberapa besar manfaat yang bisa diperoleh.

Sangat disayangkan jika sebagian besar pengguna Facebook dan Twitter justru lebih mengedepankan egoistik dan narsisistik penggunanya. Informasi semacam Baru saja selesai makan. Kenyang banget atau Lo pikir gw siapa. Dasar ... juga bisa bermanfaat bagi sebagian kecil temannya. Namun, akan lebih banyak memberi manfaat apabila status yang dibagi dapat berupa hal baru.

Update Good Stuff with Your Limited Character on Status. With 140 character, YOU can be SMART.

Buku dengan judul TwitterWit: Brilliant in 140 characters or less adalah contoh bagaimana status dapat menginspirasi banyak orang. Anda bisa membaca review-nya atau bahkan membelinya untuk mengetahui banyak contoh status yang inspiring dan menghibur.

Di Twitter tidak sedikit orang yang mengkhususkan waktunya untuk menginspirasi orang dengan mengikutinya di Twitter. Beberapa orang yang saya ikuti diantaranya:

Guy Kawasaki

Seorang digital marketer yang sering dihadirkan menjadi pembicara dalam seminar seputar marketing dan teknologi mengenai Branding dll. Sering memberikan link yang berguna buat wacana bisnis digital.

Chris Guillebeau

Seorang backpacker. Obsesinya mengelilingi dunia sebelum umur 50 tahun. Perjalanannya di setiap negara yang dikunjungi menjadi pengalaman berharga. Dia tidak segan membagi ilmu, dan tips kehidupan yang dia peroleh selama perjalanannya. Blog-nya, menginspirasi banyak orang. Termasuk saya.

Michael Moore

Sutradara film independen paling kontroversial di Amerika. Meski pandangan politiknya yang liberal dan anti government sudah sangat terlihat. Tapi status dan informasi dari dia kadang cukup membuat saya tercerahkan.

Selain individu, banyak media cetak atau portal web yang juga akun Twitter dan bisa anda follow. Anda tinggal klik ‘follow’ dan setiap ada tulisan dan artikel baru, akan muncul di home anda. Seperti Jakarta GlobeTimeBusinessWeekWired, dan masih banyak lagi.

 

Being authentic means being YOU.

Mungkin di Facebook anda bisa membuat note dan men-tag banyak orang. Juga ada aplikasi untuk foto. Dengan memberi link alamat web note atau foto pada status, tidak perlu lagi tag dan segala macam kerepotan.

• Jangan takut melakukan salah. Tidak ada masalah.

• Berikan influence yang baik. Bantu sesama. Bagi informasi yang anda punya dan buat orang lain berarti.

• Oscar Wilde pernah berkata, “Be Yourself; everyone else is already taken

• Tidak salah jika menyampaikan kepada orang lain apa yang sedang anda lakukan. If it’s interesting, other people will want to be a part.