The Golden Rules

Informasi dan teknologi membuat dunia makin menyempit, bumi kini diistilahkan sebagai Global Village. Diperlukan satu prinsip acuan moralitas yang bisa diterima oleh semua manusia. Apa ukuran kebaikan bagi kita dan yang lain? Golden Rules mungkin dapat memberikan jawaban.

Dalam setiap tradisi dan budaya kelompok atau komunitas masyarakat, Golden Rules telah banyak dikenal dengan banyak istilah dan bahasa. Dalam bahasa Inggris disebutkan treat others the way you want to be treated, dalam bahasa perlakukan orang lain seperti engkau memperlakukan dirimu sendiri. 

Pada dasarnya muara etika bermuara disana. Demokrasi dan hak asasi manusia salah satu dari produknya. Dengan memberikan hak suara kita pada pilihan kelompok politik tertentu, kita berharap saat wakil kita menjadi pejabat publik, mereka akan menanyakan hal sama pada diri mereka sendiri tentang bagaimana masyarakat ingin diperlakukan.

Demokrasi memberi kekuatan sama, pada diri kita kepada orang lain. Equality under the law atau posisi sama di depan hukum. Demokrasi merupakan produk dari Golden Rules.

John F Kennedy pada tahun 1963 berorasi di Universitas Alabama. Dia menanyakan kepada orang-orang kulit putih, bagaimana jika mereka sendiri yang menjadi orang kulit hitam, diperlakukan sebagai warga negara kelas dua, diperlakukan berbeda di restoran, tempat duduk yang berbeda dalam bis. Setelahnya kembali ia menanyakan kepada orang kulit hitam pertanyaan sama. Pada akhirnya, menurut Kennedy, tidak ada orang yang ingin diperlakukan tidak baik, “Dan seperti itulah kita (bangsa Amerika) akan memperlakukan diri kita sendiri”.

Bagaimana menerapkan prinsip ini dalam kehidupan? Sedikit imajinasi, kita mestinya tahu bagaimana tindakan dan perilaku kita nantinya akan memberikan akibat bagi orang lain. Mengimajinasikan bagaimana jika kita berada pada posisi sama dengan orang-orang itu. Melakukan itu perlu konsistensi namun juga tidak sulit,  tidak perlu juga menggantikan prinsip-prinsip agama dan budaya. Andaikan semua manusia melakukan hal yang sama, maka harmoni akan terjaga.

Pada tradisi agama, banyak terdapat ajaran mengenai Golden Rules yang juga disebut Prinsip Umum Etika  atau General Principles of Ethics.

Engkau harus mencintai tetanggamu seperti engkau mencintai dirimu sendiri. (Yahudi dan Kristen. Perjanjian Lama, Ulangan 19-18)

Seperti apa engkau ingin diperlakukan, maka perlakukanlah orang lain seperti itu. (Kristen. Perjanjian Baru, Matius 7-12)

Tidak beriman orang itu sampai ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri. (Islam. Hadis An-Nawawi 13)

Manusia seharusnya memperlakukan semua makhluk seperti ia memperlakukan dirinya sendiri. (Jainisme. Sukritanga 1-1-33)

Teruslah untuk mencoba yang terbaik untuk memperlakukan orang lain seperti engkau memperlakukan dirimu sendiri, dan engkau akan menemukan bahwa itu adalah jalan yang paling singkat untuk menuju kebajikan. (Confusian. Mencius VII.A.4)

Seseorang tidak dibenarkan memberikan perlakuan yang ia sendiri tidak ingin diperlakukan. Itu adalah esensi moralitas. Semua yang lain ada karena keinginan ego. (Hindu. Mahabharata, Ansasana Parva 113.8)

Tsekung bertanya, “Apakah ada satu kata perbuatan yang dapat mewakili prinsip kebaikan hidup?” Confusius menjawab, “Ini adalah perkataan yang terutama: Jangan memperlakukan orang lain dengan sesuatu yang engkau tidak ingin diperlakukan.” (Confusius. Analects 15.23)

“Aku adalah sama seperti mereka, dan mereka adalah sama dengan aku. Ia seharusnya tidak membunuh dan tidak menyebabkan orang lain membunuh.” (Buddha. Sutta Nipata 705)

“Guru, apakah hukum yang terutama?” Yesus berkata kepadanya, “Hendaknya kamu mencintai Tuhanmu dengan seluruh hatimu, jiwamu dan pikiranmu. Itu adalah hukum yang terutama. Dan yang kedua adalah, cintailah tetanggamu seperti engkau mencintai dirimu sendiri. Pada dua hukum ini, bergantung semua hukum dan nabi-nabi.” (Katolik. Injil, Matius 22.36-40)


 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s